Normal Mode
Responsive Mode

Harap Tunggu Proses Memuat Konten Halaman


READ THIS!!!




 Assalamu'alaikum wr. wb.
Salam Jumat Barokah untuk kita semua,,
Setelah cukup lama tidak menulis blog, Alhamdulillah masih diberi kesempatan menulis blog lagi.

Berbeda waktu dulu menulis blog, saya baru menjalani bisnis, kali ini saya menulis blog lagi saat sudah menjadi seorang anggota penegak pembela ulama.

Kembali ke judul, membuat blangkon dari selembar kain iket, seperti yang kita tahu, blangkon merupakan penutup kepala seperti topi, tapi berbahan kain batik, dalam hal ini disebut iket. Iket atau ikat, merupakan lembaran kain yang biasa digunakan sebagai pengikat kepala. Dikarenakan memakai iket itu sedikit ribet untuk orang yang tidak biasa, dibuatlah BLANGKON.

Blangkon biasanya dibuat dari lembaran kain iket yang dicetak dan dilem dengan lem kanji sehingga berbentuk seperti topi. Kali ini, saya memaparkan proses pembuatan blangkon manual Tanpa Lem yaitu cukup dijahit.

Mulai saja, langkah pertama dari lembaran kain iket yang tadinya berbentuk segiempat, dilipat menjadi segi tiga (atau bisa dipotong menjadi 2) dan jahit pinggirnya.

Selanjutnya ikatkan pada kepala sesuai bentuk blangkon yng kita inginkan untuk mencetak/mengukur besarnya. Kemudian lepaskan perlahan agar bentuknya tidak berubah jauh, siapkan jarum pentul dan jarum bagian-bagian yang dirasa harus tetap pada posisinya.

Kemudian jahit pada bagian yang perlu, yaitu di bagian pertemuan bagian pinggir tiap lembaran. jahit dengan teliti agar tidak ada bagian yg lepas saat dikenakan.

Dan teliti kembali bagian yang masih kendur/belum terjahit. setelah yakin, blangkon siap dikenakan.

Cara mengenakannya, yaitu seperti memakai kopiah/peci, dari kepala bagian depan kemudian ditarik kebelakang dan rapikan lagi hingga hasilnya mirip blabgkon yang beli dipasaran.

Sebagai perbandingan,harga 1 lembar iket segi empat sekitar 25rb sampai 30rb, kalau dijadikan blangkon handmade/buatan sendiri, bisa menjadi dua blangkon. Dalam arti lain, satu blangkon harganya hanya 15 rb atau kurang. Sedangkan harga blangkon yang sudah jadi harganya sekitar 50rb sampai 100rb tergantung model dan bahan. Istilahnya kita bisa berhemat cukup banyak, jika kita kreatif membuat blangkon sendiri.

Demikian tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat.
Terima kasih, Wassalamu 'alaikum wr. wb.
#salam_satoe_jiwa


Perihal: Diterbitkan oleh: pada pukul 2:49 PM WIB

Baca Pula Artikel Terkait Dalam Kategori: , , , , .

Klik tombol "Like" bila Anda suka dengan artikel ini. Silakan poskan komentar agar saya dapat berkunjung balik ke blog Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain dari blog ini, maka silakan klik di sini untuk membuka daftar isi. Harap menyertakan http://sugiman-alkaromah.blogspot.com/2016/03/membuat-blank-on-sendiri-dari-lembaran.html dan atau mencantumkan tautan untuk artikel ini bila Anda menyalin sebagian dan atau keseluruhan isinya. Terimakasih.

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan berkomentar dg baik.
saran dan kritik anda slalu kami nantikan.

Artikel Populer