Normal Mode
Responsive Mode

Harap Tunggu Proses Memuat Konten Halaman


Blog Sugiman AlKaromah

READ THIS!!!

Dari jaman dahulu, telah banyak cerita atau film tentang mesin waktu, atau mesin untuk kembali ke waktu lampau. Tetapi itu semua memang hanya cerita.

Yang saya bahas kali ini,
bukan mesin yang berguna untuk membalikan waktu seperti di atas. Akan tetapi, cara bagaiman kita mengakali waktu (mesin waktu/jam) agar terbalik. Terbalik bukan waktunya yang mundur, melainkan hanya putaran jam saja yang terbalik.

Sejak dulu, arah putaran jam sering digunakan sebagai patokan dalam berbagai arah putaran, seperti arah putaran baud, arah putaran sebuah gulungan dll. Tetapi akan menjadi beda jika jam yang menjadi patokan tersebut arah putarannya terbalik. Kalau anda mampir ke rumah ku, mungkin anda kan bingung waktu melihat kearah jam. Sebab di salah satu jam dining saya, ada satu jam yang berputar terbalik.

Dalam postingan kali ini, saya akan paparkan bagaimana caranya, jika kita ingin membalikan arah pitaran jam. Beberapa hal yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut :

  • Satu buah jam dinding
  • Satu buah mesin jam (sebagai tikus percobaan)
  • Pisau lecil
  • Kunci pas np.10 atau tang kecil.
  • dan Obeng (+)
Setelah alat dan bahan tersebut telah siap, proyek segera dimulai. Yang ingin langsung praktek, silahkan mengambil bahan-bahannya dan ikuti langkah demi langkah dengan baik. Mari kita mulai saja proyek ini, :-D
 mesin yang baru dilepas



setelah casing dibuka
setelah jarum dilepas


  1. Kemudian, lepas jarum dan buka shell (casing mesin), akan tampak beberapa gir tersusun rapi pada tempatnya. Angkat dari dudukan, dan lepaskan gir yang ada di bagian atas dudukan. (ingat-ingat tata letak gir agar tidak salah dalam memasang kembali)Yang pertama, jam dinding yang telah dipersiapkan kita buka baud-baudnya agar mesin jam bisa dilepas. Untuk mur as jarum, dapat dilepas dengan bantuan kunci pas no.10 atau dengan tang kecil. Lepas mesin dengan hati-hati, dan angkat, hasilnya seperti gambar. 
  2. Lihat pada sebuah gulungan email, pada lepeng besi inti di situ ada tanda lubang atau potongan yang serong pada salah satu sudutnya. Warna <font color="red"> merah</font> merupakan tanda berupa lubang, biasanya setiap mesin terdapat lubang ini. Warna <font color="puple">ungu</font> merupakan tanda potongan yang menyerong pada sudut, beda type beda tanda lagi.
  3. letak tanda
  4. Ingat-ingat dengan baik posisi besi berlubang tersebut, karena inilah inti proyek ini. Posisi ubang yang benar adalah berada di lua gulungan, untuk membuat agar jam dapat berputar dengan arah terbalik, cukup balikkan saja besi inti ini. (yang berlubang menjadi berada di dalam gulungan)
  5. Pasang kembali susunan gir pada tempatnya. Harus benar-benar pas. Lalu kembalikan pada casing lagi.  pastikan pemasangan sudah benar. Setelah yakin pemasangan sudah benar, tutup kembali casing. Dan silahkan coba memasang batere pada tempatnnya. Hanya dengan memasang jarum <font color="red"> merah</font> atau detikan, kita sudah tau kalau arah putaran jarum jam sudah terbalik.

  6. pehatikan tanda
  7. Pasang kembali pada box dan kencangkan baud. dan Jam terbalik sudah jadi.
Agar kita tidak bingung setelah perubahan yang sedikit tapi besar ini, jangan lupa untuk merubah susunan/arah urutan angka pada box. Jangan sampai anda mengira baru jam 5 padahal sudah jam 7.
setelah dipasang kembali

Semoga postingan ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan pesan di komentar. "Jadilah diri sendiri dan Jadilah kebanggaan bagi diri anda sendiri dan orang lain".  Mohon maaf, mgambarnya berantakan. Terimakasih.



contoh jam terbalik


Perihal: Diterbitkan oleh: pada pukul 11:28 PM WIB

Baca Pula Artikel Terkait Dalam Kategori: , , .

Klik tombol "Like" bila Anda suka dengan artikel ini. Silakan poskan komentar agar saya dapat berkunjung balik ke blog Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain dari blog ini, maka silakan klik di sini untuk membuka daftar isi. Harap menyertakan http://sugiman-alkaromah.blogspot.com/2011/09/mesin-pembalik-waktu.html dan atau mencantumkan tautan untuk artikel ini bila Anda menyalin sebagian dan atau keseluruhan isinya. Terimakasih.

Terdapat 2 komentar untuk artikel ini.

  1. walah....mana kelanjutannya yah....hihihihihi

    BalasHapus
  2. ya ya ya,, sabar,, ntar pasti q lanjutin postingan ini,, tpi klo q dh kwarnet,, cz, q edt pke OpMin4 chrtr x ga nympe rbuan c,, tks dh mmpir,,ya ya ya,, sabar,, ntar pasti q lanjutin postingan ini,, tpi klo q dh kwarnet,, cz, q edt pke OpMin4 chrtr x ga nympe rbuan c,, tks dh mmpir,,

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan berkomentar dg baik.
saran dan kritik anda slalu kami nantikan.

Artikel Populer