Normal Mode
Responsive Mode

Harap Tunggu Proses Memuat Konten Halaman



READ THIS!!!


Rangkaian yang biasanya digunakan sebagai hiasan ini sangat mudah dibuat, bagi pemula dan awam sekalipun. Di toko sudah tersedia PCB flipflop yg sudah jadi dan lengkap dengan skema dan komponennya, kita tinggal memasang dan menyoldernya saja. Dan harganya pun sangatlah murah, tidak sampai Rp 2 rb di daerah Banyumas.
Daftar komponen yg tertera pada skema, biasanya sama dg komponen yg disertakan dlm bungkus, untuk mempermudah perakitan terutama bagi pemula. Disebutkan ada R 56K, Tr C9014, C 100uF/16V, dan LED 2. Semua dikalikan 2 karena rangkaian ini simetris. Untuk catu daya, disebutkan dlm skema yaitu batere DC 9 V.

Rangkaian ini akan menyalakan LED secara bergantian dg jeda yg sama, yaitu saat LED 1, 2 menyala berarti LED 3, 4 mati, begitu seterusnya bergantian. Untuk membuat kedipan LED semakin cepat, maka nilai R diperkecil, yaitu R1 dan R2. Sedang untuk memperlambat, nilai R diperbesar. Sebagai contoh, R56K jika keduanya diganti menjadi 5K6 maka akan membuat kedipan semakin cepat. Sebaliknya jika diganti dg 560K maka akan semakin lambat.


Jika ingin membuat waktu nyala yg berbeda, maka bisa dilakukan dengan membuat nilai R berbeda. Misalnya R 56K dg 5K6, atau 560K dg 56K. Atau bisa juga kita ganti terserah sesuai keinginan, yg penting nilainya berbeda saja, untuk menghasilkan kedipan yg berbeda.
Kedepanyya rangkaian ini nantinya bisa dimodifikasi menjadi berbagai macam variasi. Seperti lampu Flasher, atau menjadi Inverter, karena dasar rangkaiannya sangat mirip.

Untuk lebih jelas bisa dengan beberapa percobaan.  Lakukan 
Try & Error, jadi kita lebih berpengalaman. Terima kasih 

Perihal: Diterbitkan oleh: pada pukul 7:00 AM WIB

Baca Pula Artikel Terkait Dalam Kategori: , , , .

Klik tombol "Like" bila Anda suka dengan artikel ini. Silakan poskan komentar agar saya dapat berkunjung balik ke blog Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain dari blog ini, maka silakan klik di sini untuk membuka daftar isi. Harap menyertakan http://sugiman-alkaromah.blogspot.com/2012/05/mempercepat-kedipan-lampu-flipflop.html dan atau mencantumkan tautan untuk artikel ini bila Anda menyalin sebagian dan atau keseluruhan isinya. Terimakasih.

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan berkomentar dg baik.
saran dan kritik anda slalu kami nantikan.

Artikel Populer